Selasa, 25 Maret 2014

IDENTITAS NASIONAL

  1.  Masalah identitas Nasional muncul akhir-akhir ini lebih dikarenakan kekhawatiran sebagian pihak atas semakin mengikisnya kebanggaan terhadap budaya nasional, artibut nasional yang mencirikan identitas nasional. Menurut saudara mengapa kekhawatiran itu timbul ? Dan bagaimana mengatasinya?
  2.  Identitas nasional tidak terbentuk begitu saja,melainkan melalui evolusi dan proses panjang. Bagaimanakah proses pembentukan identitas nasional tersebut?
  3. Wujud dari identitas nasional antara lain adalah Patriotisme dan Nasionalisme.Jelaskan perbedaan keduanya dan bagaimana keduanya dapat membentuk identitas nasional?
  4. Wujud negatif dari identitas nasional adalah Chauvinisme. Jelaskan mengapa sikap ini negatif pengaruhnya terhadap identitas nasional ?
  5.   Terkadang identitas nasional bersebrangan dengan identitas pribadi. Bagaimana sebaiknya menurut saudara mengharmonisasikan kedua hal tersebut sehingga bisa berjalan berdampingan ?
  6.  Globalisasi yang melanda dunia saat ini bisa berdampak postif dan negatif bagi identitas nasional. Agar dapat memanfaatkan gerakan dimaksud untuk sebesar-besar kesejahteraan masyarakat Indonesia tanpa harus mengancam identitas nasional bangsa Indonesia,menurut Saudara apa tindakan yang harus diambil?
JAWAB

  1. Karena dizaman yang sudah modern ini banyak pengaruh dari bangsa luar yang mengakibatkan sebagian orang mengikuti hal-hal yang berbau tentang kehidupan orang barat seperti cara berpakaian , tingkah laku bahkan bahasa,sehingga identitas diri kita sebagai warga negara Indonesia menjadi terkikis. Namun didalam nilai-nilai tersebut, tidak semuanya bersifat negatif ada pula yang bersifat positif.
Cara mengatasinya yaitu Hal pertama yang harus kita lakukan adalah menumbuhkan kembali sifat-sifat identitas nasional kedalam pribadi manusia itu sendiri. Agar timbul dalam dirinya sebuah pemahaman akan identitas nasional suatu bangsa.

2.Proses pembentukan identitas nasional di Indonesia cukup panjang, dimulai dengan kesadaran  adanya    perasaan  senasib  sepenanggungan  ”bangsa  Indonesia”  akibat kekejaman penjajah Belanda, kemudian    memunculkan komitmen bangsa (tekad, dan kemudian  menjadi  kesepakatan  bersama)  untuk  berjuang    dengan  upaya  yang  lebih teratur  melalui  organisasi-organisasi    perjuangan  (pergerakan)  kemerdekaan    meng-usir penjajah sampai akhirnya Indonesia merdeka pada tanggal 17 Agustus 1945 dan membentuk    negara.


.    3. Nasionalisme adalah suatu paham atau ajaran yang mencintai bangsa dan negaranya sendiri. macam-macam nasionalisme:
a.    Nasionalisme sempit, adalah cinta terhadap bangsa yang berlebihan dan memandang rendah terhadap bangsa lain (chauvinisme)
b.  Nasionalisme luas, adalah cinta dan bangga terhadap tanah air dan bangsanya yang tinggi,  tetapi terhadap bangsa lain tidak memandang rendah.

Patriotisme adalah semangat cinta tanah air yang diwujudkan dengan kesediaan mengorbankan segala-galanya untuk kejayaan dan kemakmuran tanah airnya.
Ciri-ciri:
a.      Cinta tanah air
b.      Rela berkorban untuk kepentingan bangsa dan negara
c.      Menempatkan persatuan, kesatuan serta keselamatan bangsa dan negara diatas kepentingan pribadi dan golongan
d.      Tak kenal menyerah.

4. Karena sikap chauvinisme terlalu mengagung-agungkan bangsa sendiri dan mrendah kan bngsa lain sehingga akan berdampak buruk bagi bangsa kita sendiri dan memicu terjadinya perperangan.


5. Menurut saya,dengan cara memilih dari sifat yang positifnya tetapi jangan sampai melupakan budaya kita sendiri serta perlu adanya pengawasan dan pengembangan budaya dari Pemerintah.

   6.  Tindakan yang harus diambil yaitu :
* Meningkatkan rasa cinta tanah air melalui pengelihatan dan penghayatan
*Melindungi budaya-budaya yang ada dengan cara membuat perlindungan hukum terhadap hasil budaya
*Memberi apresiasi kepada masyarakat untuk mengembangkan kebudayaan asli masyarakatnya (daerahnya)





http://putrinilamkencana.blogspot.com/2012/11/pudar-dan-mengikisnya-identitas.html
http://dc389.4shared.com/doc/EQaZVNhW/preview.html
http://matakristal.com/pengertian-nasionalisme-dan-patriotisme/
http://m.kompasiana.com/post/read/550637/3



Tidak ada komentar:

Posting Komentar