Jumat, 17 April 2015

Tulisan 1 ( Kepercayaan )




Pengertian
Kepercayaan adalah kemauan seseorang untuk bertumpu pada orang lain dimana kita memiliki keyakinan padanya. Kepercayaan merupakan kondisi mental yang didasarkan oleh situasi seseorang dan konteks sosialnya. Ketika seseorang mengambil suatu keputusan, ia akan lebih memilih keputusan berdasarkan pilihan dari orang- orang yang lebih dapat ia percaya dari pada yang kurang dipercayai (Moorman, 1993).

Menurut Rousseau et al (1998), kepercayaan adalah wilayah psikologis yang merupakan perhatian untuk menerima apa adanya berdasarkan harapan terhadap perilaku yang baik dari orang lain. Kepercayaan konsumen didefinisikan sebagai kesediaan satu pihak untuk menerima resiko dari tindakan pihak lain berdasarkan harapan bahwa pihak lain akan melakukan tindakan penting untuk pihak yang mempercayainya, terlepas dari kemampuan untuk mengawasi dan mengendalikan tindakan pihak yang dipercaya (Mayer et al, 1995).

Menurut Ba dan Pavlou (2002) mendefinisikan kepercayaan sebagai penilaian hubungan seseorang dengan orang lain yang akan melakukan transaksi tertentu sesuai dengan harapan dalam sebuah lingkungan yang penuh ketidakpastian.

https://satyaariyono.wordpress.com/2012/06/24/kepercayaan/

Pendapat Saya :
          
 Dizaman sekarang ini menurut saya arti rasa percaya sudah mulai tidak bisa dilakukan dengan baik. Bahkan apabila kita merusak kepercayaan itu belum tentu semua bisa kembali seperti semula setelah apa yang seseorang itu lakukan kepada kita, banyak orang yang mengatakan “Trust is like a paper, once it’s crumpled it can’t be perfect again’’.
          Bahkan terkadang seseorang yang sudah kita kenal, sudah kita percaya bisa dengan mudah merusak rasa kepercayaan itu. Apakah untuk memberikan rasa percaya terhadap seseorang itu harus menggunakan kertas hitam diatas putih atau sebuah perjanjian diatas materai ? Supaya apabila salah satu dari kita melanggar perjanjian itu, bisa kita hukum atau kita tuntut. Bukan kah rasa percaya itu tumbuh seperti kita mempercayai adanya Tuhan? Tetapi kenapa masih saja masih banyak yang meremehkan arti kata sebuah rasa percaya? Bahkan para pemipin-pemimpin  negeri pun diberikan kepercayaan oleh rakyat untuk menjalankan tugas-tugas negara,dengan harapan supaya negara bisa lebih baik lagi dari tahun tahun sebelumnya.
          Rasa percaya bisa digambarkan seperti halnya gambar yang ada dibawah ini



Tidak ada komentar:

Posting Komentar